Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar

Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar - Hallo sahabat MinangkanIndonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jelajah Nagari Awak, Artikel Kabupaten Solok, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar
link : Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar

Baca juga


Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar

Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar - Hallo sahabat MinangkanIndonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Jelajah Nagari Awak, Artikel Kabupaten Solok, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar
link : Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar

Baca juga


Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar



Kabupaten Solok memang juara dalam memberikan pesona alamnya yang begitu beragam. Dari sejumlah destinasi unggulannya, kebun teh dan danau kembar masih menjadi tempat favorit berlibur bagi masyarakat, baik lokal maupun mancannegara. Anugerah ini tidak terbantahkan lagi, bila Kabupaten Solok memang selalu memikat. Begitu indah alamnya. Bak gula dan semut.

Bertandang ke danau kembar tidak akan lengkap bila tidak mengijakan kaki dan berkelana menyusuri perkebunan teh yang menyegarkan itu. Dari Kota Padang tidak begitu jauh berjalan melalui lintas timur menuju Kabupaten Solok kira-kira 1 - 1,5 jam perjalanan tergantung kendaraannya, bisa menggunakan kendaraan bermotor, mobil hingga bus pariwisata (tidak termasuk estimasi terjadinya longsor dan kemacetan di peratasan Kota Padang dan Kabupaten Solok).

Kebun teh dan danau kembar, tidak terpisahkan dari keindahan alamnya yang sangat menawan. Berada di daerah ketinggian sebelah selatan Kabupaten Solok ini, tentunya akan memiliki udara yang selalu sejuk, bahkan bisa seperti di kutub. Landskapnya begitu memanjakan mata dan membawa kedamaian. Membuat siapa saja akan rindu datang kembali lagi ke sini.

Menyelinap disela-sela pucuk daun teh


Sesampainya di Lubuak Selasih dapat membelokan kendarannya ke kanan melewati jalur lintas menuju Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Kerinci Jambi. Perjalanan akan sedikit menanjak kemudian melewati ladang sayur mayur dan buah-buahan yang berbaris rapi hingga terlihat hamparan dedaunan teh membentang menutupi perbukitan layaknya permadani. Coba buka kaca kendaraan dan nikmati udara segar nan kaya suplay oksigen ini. Terlihat juga bunga hias berwarna-warni yang dijual oleh penduduk setempat di depan rumahnya menambah cantik perjalan ini.

Selama ini ada yang keliru menyebutkan bila kebun teh ini berlokasi di daerah Alahan Panjang, padahal tersebar di beberapa nagari seperti Nagari Batang Barus, Nagari Aia Batumbuak dan beberapa wilayah sekitar lainnya.  Kemudian nama perkebunan teh ini juga bukan Kebun Teh Alahan Panjang namun Kebun Teh Danau Kembar.

Kebun teh ini dikelola oleh Unit Usaha Danau Kembar dibawah naungan PT. Perkebunan Nusantara VI (Persero). Unit ini merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang tanaman perkebunan teh yang terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Kebun Teh Danau Kembar yang sudah ada sejak zaman Belanda ini terletak di lereng Selatan Gunung Talang. Secara topografi pada umumnya bergelombang sampai agak curam dan ketinggian dari permukaan laut antara 1300 – 1600 mdpl dengan hamparan perkebunan teh 605.18 Ha.

Kerennya , meskipun Kabupaten Solok terkenal menjadi lumbung padi, ternyata dari hasil Kebun Teh Danau Kembar ini juga dikenal sebagai penghasil daun teh terbesar di Pulau Sumatera. Artinya Kabupaten Solok ini sebagai lumbung teh juga loh.

Sebelum menjelajah danau kembar dapat singgah terlebih dahulu untuk berkelana melihat pucuk-pucuk teh terbaik Ranah Minang ini. Untuk bisa menikmati pemandangan kebun teh ini dapat meletakan kedaraan di tepi jalan atau menitipkan pada kedai (warung) yang ada di sekitar sini, nanti akan bayar parkir antara Rp.3 ribu- Rp.5 ribu (dapat berubah sewaktu-waktu).

Keberadaan kebun teh ini akan menghipnotis para pelancong dan takjub sehingga membuat kita selalu bersyukur akan nikmat yang diberikan-Nya. Serba hijau dan segar sekali nikmat dipandang mata. Berfoto dan selfie menjadi momen yang tidak boleh dilewatkan bila sudah sampai di kebun teh ini.

Setidaknya terdapat 3 spot menarik untuk bisa menikmati keindahan kebun teh ini. Pertama tidak jauh dari simpang lubuak Selasih tepatnya di Nagari Batang Barus akan ada ratusan hektar perkebunan teh yang dapat dinikmati sepanjang jalan.

Kedua di aeral perkebunan yang dekat kantor PT. Perkebunan Nusantara VI (Persero) Unit Usaha Danau Kembar yang juga memiliki ratusan hektar pohon teh dan bisa melihat proses pemilahan pucuk daun teh yang berkualitas sebelum diolah lebih lanjut di pabrik.

Terakhir ratusan hektar juga berada di Nagari Aie Batumbuk. Tidak kalah menariknya, di sini menjadi lokasi favorit pengunjung. Sepanjang jalan kira-kira 500 m ini terdapat spot yang ciamik untuk mengabadikan gambar sebab dengan gradiasi perpaduan dedauan teh yang muda dan tua bersama latar Gunung Talang yang menjadi juaranya.

Sembari menyelinap menyusuri dahan demi dahan pohon teh ini, kita dapat mengambil spot masyarakat yang sedang memetik teh, itu pun jika beruntung dapat momen ketika masyarakat memetik daun teh.

Kebun Teh Danau Kembar sudah tersohor sejak dulu kala, pesonanya memang tiada duanya, begitu indah dan spektakuler sekali. Tidak kalah dengan kebun teh di Lembang Bandung dan Puncak Bogor. Sangat rugi bila melewatkan petualangan dengan melintasi hamparan pohon teh yang tumbuh subur dan mengesankan sekali. Menarik bukan?

Ingat jangan membawa makanan atau minuman ke lokasi kebun teh sebab tidak ada tong sampah. Jaga kebersihan lingkungannya. Dilarang merusak tanaman, tidur di atas pohon teh dan memotong batang pohon teh. Cukup bawa kamera, berpotolah sepuasnya dan nikmati setiap jengkal keindahnya.

Negeri Seribu Danau

Gunung Talang





















Dari kebun teh beralih ke danau. Siapa sangka ternyata Kabupaten Solok ini memiliki jumlah danau terbanyak dibandingkan dengan daerah lainnya di Ranah Minang. Bisa dijuluki negeri seribu danau. Terdapat 5 danau yang bisa dijelajahi yakni Danau Diateh,  Danau Dibawah Danau Talang, Danau Singkarak dan Danau Tuo.

Pernah mendengarkan kata Danau Kembar? Istilah ini sebutan bagi tiga danau yang terletak di sebelah selatan Kabupaten Solok yang meliputi danau Diates, Danau Dibawah dan Danau Talang. Nama tersebut diberi oleh pemerintah setempat sebagai Kawasan Wisata Danau Kembar yang terletak di Kecamatan Lembang Jaya dan Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

Ada yang menarik juga dari penaman dan lokasi Danau Diateh dan Danau Dibawah. Bila dilihat dari posisinya Danau Diateh berada dibawah dari Danau Dibawah, sedangkan Danau Dibawah lokasinnya berada di atas buktit dan letaknya jauh libih tinggi dari Danau Diateh.

Danau Diateh  terletak diperlintasan jalan Padang-Muara Labuh. Danau ini berada pada ketinggian 1.600 mdpl dengan luas 17,20 m2, panjang 6,25 km dan lebar 2,75 km. Danau ini cukup dangkal, dengan bagian terdalam hanya 44 m. Danau Diateh merupakan hulu dari Sungai Batanghari yang mengalir membelah Pulau Sumatra dan bermuara di Selat Malaka.

Danau Dibawah terletak di Nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang jaya. Danau Dibawah berada pada ketinggian 1.566 mdpl. Artinya, permukaan airnya sama tinggi dengan dasar air Danau Diatas. Memiliki luas 16.90 m2, panjang 5,62 km dan lebar 3,00 km serta kedalaman hingga 886 m.

Danau Dibawah memang dikelilingi perbukitan, umumnya pengunjung biasa menikmati pemandangan Danau Dibawah dari kejauhan. Dari panorama ini juga bisa melihat Danau Diatas. Dalam perjalanan menuju tepi Danau Dibawah, dianjurkan berjalan ke arah Pasar Simpang dan melewati jalan menuju Jorong Kapalo Danau dibawah.

Danau Talang merupakan danau yang letaknya tepat di pinggang Gunung Talang yang berada sekitar 4,5 km dari kedua Danau Diatas dan Danau Dibawah. Danau Talang luasnya 1,30 m2dengan panjang 1,5 km dan lebar 88 m. Lokasinya jauh dari jalan raya membuat danau ini juga pernah dikenal sebagai objek wisata. Begitu juga karena statusnya yang sering menyemburkan abunya, membuat danau ini tak bisa dikunjungi, karena masih merupakan area terlarang ke sana.

Danau Singkarak merupakan danau yang terluas kedua di Pulau Sumatera setelah danau Toba. Kemudian terluas pertama di Sumatera Barat dengan luasnya sekitar 108 km yang berbatasan dengan dua kabupaten yaitu Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok, Danau Singkarak ini memiliki panorara alam yang eksotik dan ikan endemik yang bernama Ikan bilih. Menariknya nama danau ini digunakan menjadi sebuah ajak balapan sepedah internasional, Tour de Singkarak yang telah dimulai sejak tahun 2009.

Danau Tuo ini terletak tidak begitu jauh dari Danau Singkarak, tepatnya di Kecamatan X Koto Singkarak dengan luas ± 1,5 Ha.

Menemukan Suasana Ala-Ala Eropa Di Danau Diateh


Dari perkebunan teh Danau Kembar dapat diteruskan perjalanan menuju Danau Diateh yang masih satu jalur yang sama menuju Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Kerinci. Untuk objek wisata Danau Kembar,  Danau Diateh ini cukup populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan ketimbang Danau Dibawah dan Danau Talang. 

Enaknya, hasil bumibdari holtikultura sangat mudah ditemui di wilayah selatan Kabupaten Solok ini.  Di tepi jalan banyak ladang bawang, daun bawang, kol, wortel, sawi, cabai hingga markisa (buah khas Kabupaten Solok). Masyarakat yang tinggal dekat tepi jalan dengan mudah menjualnya kepada pembeli yang lalu lalang dari dan menuju Danau Diateh.

Tidak sulit untuk menemukan Danau Diateh, selama perjalanan akan terlihat dari kejauhan bentangan air danau hingga menemukan sebuah gerbang dengan latar banyak pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan terdapat bangunan beratap merah berjejer disekitarnya.

Hingga saat ini saya tidak tahu nama tempat ini, namun dari mulut ke mulut bernama Villa Alahan Panjang. Entah benar atau salah namanya. Kabarnya kawasan yang luasnya kurang lebih 30 Ha ini telah berdiri sejak tahun 1996 dengan dilengkapi 14 villa. Sebelum masuk pengunjung akan membayar tiket masuk untuk dewasa Rp.5ribu dan anak-anak Rp.3 ribu ditambah dengan biaya parkirnya.

Dari villa ini menyajikan lanskap danau yang menawan,  dengan berkeliling tepiannya dapat menikmati setiap jengkal pesona alamnya yang begitu indah, ala-ala pemandangan danau di eropa. Sejauh ini Danau Diatas masih menjadi destinasi favorit Sumatra Barat yang tidak pernah sepi.


Di danau ini ada dermaga kapal yang menawarkan tour berkeliling untuk menikmati keindahan danau dari sudut yang lain dengan harga yang terjangkau. Baru-baru ini juga terdapat café bagi pengunjung yang ingin bersantai sembari mengisi perut sehabis berkeliling sekitar danau. Ada juga wahana bermain bagi anak-anak, pentas dan gedung pertemuan.

Biasanya pengunjung datang untuk menikmati pemandangan danau, bak lukisan itu. Berkumpul bersama keluarga dan teman juga bisa dengan bermalam dengan menyewa villa yang bentuk bangunannya seperti gaya arsitektur villa di eropa. Piknik bersama keluarga ke Danau Diateh adalah pilih yang tepat atau homestay bersama sahabat juga boleh dicoba. 

Sayangnya kawasan ini kurang dikelola dengan baik, minim tong sampah, perlu ditata lagi pedagang yang berjualan di sini agar lebih rapi, banyak bangunan yang tidak urus dan rusak terkesan dibiarkan saja.

Terlepas dari itu semua, padahal potensi Danau Diateh ini sangat luar biasa. Lihat saja panorama alamnya, dapat menjadi nilai jual dan daya pikatnya. Begitu juga suasannnya yang tenang, sejuk dan membuat damai ini. Cocok untuk tempat melepas penat.

Danau Diateh memiliki panorama alam yang rupawan. Sesekali nelayan terlihat melintas dapat menjadi objek yang menarik bagi peminat fotografi. Air danau yang jernih dan tenang serta barisan awan yang menghiasi langit tepantul indah menjadi sajian dari lukisan alam yang mewah. Apalagi kala petang tiba, kemilaunya air pantulan langit jingga merona sangat syahdunya. Nuansa eropa pun hadir di danau ini menambah keniscayaan alam Miangkabau dari Kabupaten Solok memang rancak.



Hasil pertanian dan buah Markisa yang dijual di tepi jalan menuju kawasan Danau Kembar
Buah Markisa
Suasana alam yang sejuk dan terkadang kabut tipis yang menyelimuti menambah eksotik kawasan Danau Kembar

Segarnya Hamparan Kebun Teh Danau Kembar 





Nuansa Eropa




Panorama Gunung Talang Nan Mempesona


Panorama Danau Diateh dan Gunung Talang dari kejauhan



Dermaga Danau Diateh




Villa Alahan Panjang

Suasana Villa Alahan Panjang

————————————————————————————————————————————————————
Bayu Haryanto – biasa disapa Ubay. Penikmat senja yang bermimpi untuk explore Indonesia dengan tagline #JajahNagariAwak. Pemotret yang suka dipotret. Perngkai kata dalam blog kidalnarsis.blogspot.com. Jejaring sosial Twitter @beyubay dan Instagram @beyubaystory.

Traveling  Explore  Journalism  Photograph  Writer  Share  Inspire

©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.


Demikianlah Artikel Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar

Sekianlah artikel Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar dengan alamat link https://minangkanindonesia.blogspot.com/2016/08/nuansa-ala-eropa-dan-segarnya-hamparan.html


Demikianlah Artikel Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar

Sekianlah artikel Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar dengan alamat link https://minangkanindonesia.blogspot.com/2016/08/nuansa-ala-eropa-dan-segarnya-hamparan.html

0 Response to "Nuansa Ala Eropa dan Segarnya Hamparan Kebun Teh di Kawasan Danau Kembar"

Posting Komentar